Pengertian Apatride, Bipatride Dan Multipatride Beserta Contohnya

Pengertian Apatride, Bipatride Dan Multipatride Beserta Contohnya

Apatride adalah istilah untuk orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan.

Contoh: Seorang anak dariorang tua warga Negara X yang menganut  ius   soli   dilahirkan di Negara Y yang menganut   ius  sanguinis   tidak memperolehkewarganegaraan baik Negara X (KArena tidak lahir disana) maupunkewarganegaraan Y (karena bukan merupakan keturunan warga Negara tersebut).AKibatnya anak tersebut tidak memiliki kewargangeraan (Aptride) 

Baca Juga : Pengertian HAM ( Hak Asasi Manusia )

Bipatride adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki kewarganegaraan rangkap (dua/ganda).

Contoh: seseorang keturunanbangsa Y ( ius   sanguinis ) lahir diNegara X ( ius   soli ). Oleh karena ia keturunan bangsa Y maka dianggapsebgai warga Negara Y. akan tetapi, Negara X juga menganggap warga negaranyakarena berdasarkan tempat lahirnya. Sehingga anak tersebut mempunyaikewarganegaraan ganda.
 
Multipatride adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki 2 atau lebih kewarganegaraan.

Contoh: Seorang yang BIPATRIDE juga menerima pemberian status kewarganegaraan lain ketika dia telah dewasa, dimana saat menerima kewarganegaraan yang baru ia tidak melepaskan status kewarganegaraan yang lama.

Baca Juga : Pengertian Kewarganegaraan Dalam Arti Sosiologis Dan Yuridis

Itulah Pengertian Apatride, Bipatride dan Multipatride beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk yang membaca artikel ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di komentar, terimakasih. 

1 Response to "Pengertian Apatride, Bipatride Dan Multipatride Beserta Contohnya"

  1. PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com Produk dijamin asli Ready Stock ! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.800.000,- Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.500.000,- Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 3

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel